1,3 Juta Surat Suara Tiba, KPU Banjar Pekerjakan 222 Orang untuk Pelipatan

1,3 Juta Surat Suara Tiba di Gudang Logistik KPU Banjar, Pelipatan Dilakukan 222 Pekerja

1,3 Juta Surat Suara Tiba di Gudang Logistik KPU Banjar, Kamis (21/3/2019). foto: dra/koranbanjar.net

MARTAPURA, KORANBANJAR.NET – Logistik surat suara tahap kedua (terakhir) telah diritribusikan ke KPU Kabupaten Banjar. Diberangkatkan menggunakan truk kontainer bersegel dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, 2.110 boks dengan total 1.353.029 surat suara dikawal ketat sampai ke Gudang Logistik KPU Banjar di Jalan Jeruk, Kelurahan Sungai Ulin, Banjarbaru Selatan, Kamis (21/3/2019) siang.

Surat suara tersebut terdiri dari 422.840 surat suara wakil presiden dan presiden, 422.840 surat suara Pemilu DPD, 422.840 surat suara Pemilu DPRD Dapil Provinsi Kalimantan Selatan 2, dan 84.509 surat suara Pemilu DPRD Kabupaten Banjar Dapil 5.

1,3 Juta Surat Suara Tiba di Gudang Logistik KPU Banjar, Pelipatan Dilakukan 222 Pekerja
Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar Muhaimin mengambil boks surat suara pertama dari kontainer, didampingi Anggota Bawaslu Banjar Hairul Falah, dan Muhammad Ramli, (foto: hendra/koranbanjar.net)

“Seperti yang kita saksikan bersama, kontainer masih tersegel rapi dan disaksikan pihak Polda Kalsel serta Polres Banjar, perwakilan Kodim, Bawaslu dan kawan-kawan media,” ujar Ketua KPU Banjar Muhaimin.

Dalam beberapa hari ke depan KPU Banjar akan memfokuskan pada proses pelipatan dan penyortiran kertas suara jika ada kertas suara yang rusak atau kurang sehingga bisa secepatnya dilaporkan.

“Jumat besok sudah mulai pelipatan, karena kita mengejar waktu yang semakin dekat yaitu 26 hari lagi menjelang hari H,” kata Ketua KPU Banjar.

Kontainer yang membawa surat suara dari Pelabuhan Trisakti sampai ke gudang logsistik, masih tersegel rapi dari KPU RI.(foto: hendra/koranbanjar.net)

Muhaimin menargetkan sebelum masuk April pelipatan surat suara sudah selesai, sebab diungkapkannya pada 1 April KPU Banjar sudah mulain mendistribusikan surat suara. KPU juga masih mempekerjakan yang terdahulu untuk pelipatan, karena menurutnya sudah berpengalaman dan juga meminimalisir pelanggaran SOP seperti membawa makanan, minuman, HP, hingga membawa anaknya ketika berkerja, yang dikhawatirkan akan merusak surat suara.

“Akan ada 222 pekerja pelipatan yang sudah berpengalaman pada pelipatan tahap pertama, Insyaallah mereka sudah tidak ada lagi yang melanggar SOP itu,” ujar Muhaimin.

Pemindahan boks surat suara dari kontainer ke gudang logistik KPU Kabupaten Banjar. (foto: hendra/koranbanjar.net)

Terkait pengamanan gudang logistik, Muhaimin menegaskan masih menggunakan protap yang ada di kepolisian, kecuali jika ada perubahan dari kepolisian. “Pengamanan 24 jam, ada dua pengamanan dari kita dan kepolisian,” tuturnya.

Kordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Banjar Hairul Falah mengatakan, selama pendistribusian perjalanan dari pelabuhan hingga ke Gudang KPU sampai ke tujuan dengan selamat dan aman.

“Kami dari Bawaslu Kabupaten Banjar memastikan pendistribusian surat suara dari pelabuhan hingga sampai di gudang logistik KPU Banjar berjalan dengan aman dan selamat,” ungkapnya.

Surat jalan berisi keterangan logistik yang dibawa. (foto: hendra/koranbanjar.net)

Untuk beberapa hari ke depan, ujar Hairul, pihak Bawaslu akan ketat mengawasi proses pelipatan surat suara di gudang logistik. Sementara untuk menghindari pekerja pelipatan yang tidak menaati SOP, Bawaslu Banjar selalu berkordinasi dan berkomunikasi dengan KPU Banjar.

“Sebagai mana tahap pertama kemarin kita juga melakukan komunikasi dan kordinasi dengan KPU Banjar. Karena KPU memiliki tata tertib, maka tata tertib itulah yang harus laksanakan dan diawasi oleh KPU Banjar sebagai pelaksana logistik,” pungkasnya. (dra)

hendra rumi

Read Previous

Gerakan #SaveMeratus Juga Disuarakan di Luar Kalsel

Read Next

Inilah Peran Kejaksaan dalam Pengadaan Tanah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *