MTQ Nasional Kalsel

10% Tanaman Rehab DAS ini Perlu Penyulaman

BANJAR, KORANBANJAR.NET – Memasuki tahap pemeliharaan pada lokasi rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (Rehab DAS) PT. Sungai Danau Jaya di Sungai Luar, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar yang sudah terlaksana 100% pada Mei lalu. Dari 80 Ha luasan rehab DAS yang diisi oleh tanaman kemiri, jengkol, karet dan angsana, kondisi tanaman di lokasi tersebut pada umumnya tumbuh dengan baik, namun ada sekitar 10% tanaman yang perlu dilakukan penyulaman.

Hal tersebut didapati pada saat melaksanakan kegiatan monitoring oleh Kasi Pengelolaan DAS Dishut Provinsi Kalsel bersama Kasi Perlindungan Tahura Sultan Adam didampingi KRPH Sungai Luar dan pengawas rehab DAS, Sabtu (23/06).

Sesuai dengan instruksi Kadishut Prov Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP demi tercapainya pengurangan lahan kritis, penyulaman dan pemupukan harus tetap terus dilaksanakan, agar tanaman tumbuh subur.

“Pemasangan plang karhutla serta patroli rutin dan sosialisasi karhutla juga diperlukan, untuk mengingat persiapan memasuki bulan kemarau, dan pembentukan Masyarakat Peduli Api segera difasilitasi demi pencegahan karhutla,” ucapnya.

Kadishur berharap dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, rehab DAS yang telah terlaksana dapat mengurangi lahan kritis khususnya di Kalimantan Selatan.(hmsdishutkalsel/ana)