10 Rumah Porakporanda Diterjang Puting Beliung, Bupati Bantu Rp2 Juta per Rumah

MARTAPURA – Musibah angin puting beliung kembali memporakporandakan sejumlah rumah penduduk di Kota Martapura. Kali ini, sedikitnya 10 rumah di Desa Pasayangan Barat, Kecamatan Martapura mengalami kerusakan sangat parah akibat diterjang angin puting beliung, Senin (12/02) sore tadi.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Musibah terjadi pukul 15:45 wita, di mana saat itu warga sedang berada di rumah mereka, sementara rumah yang rusak banyak pada bagian atap.

Satu warga Psayangan Barat RT 04 yang rumahnya porak-poranda adalah Hj Romlah (60) menceritakan kepadakoranbanjar.net , saat angin menyapu rumahnya dia berada di dalam rumah sendirian, tanpa bisa berbuat banyak.

Nenek bercucu tiga itu hanya berdiam di sela pintu rumahnya sambil meneriakkan takbir.

“Pas ada angin tadi itu, aku badiam haja di parak lawang, rasa kada kawa aku, bakuciak takbir aja pang tadi. Padahal mendangar aja anak aku bakuciak menyuruh aku keluar, tapi rasa kada kawa bagarak batis,” ujar Romlah

Rumah Romlah hancur di bagian atapnya, dari depan sampai atap dapur. Dia berharap ada respon cepat dari pihak pemerintah untuk bisa membantu dirinya dan warga lain yang juga terkena musibah angin puting beliung.

“Mudah-mudahan ada perhatian pemerintah, setidaknya untuk memperbaiki rumah saya,” ungkapnya

Lain halnya dengan tetangga Romlah yang bernama Syaifullah 40, saat kejadian dirinya tidak berada di rumah, namun hanya anak dan istrinya yang saat kejadian memilih kabur ke rumah saudaranya yang tak jauh dari rumah.

“Saat kejadian yang ada cuma anak dan istri saya, namun saat angin lagi kencang-kencangnya mereka lari ke rumah saudara. Saat itu saya masih di tempat kerja,” ujarnya

Sementara itu mendengar adanya musibah angin puting beliung yang menimpa wilayah martapura, Bupati Banjar H Khalilurahman datang langsung bersama Plt BPBD Bnjar Imade Gusti Nyoman untuk memantau warganya yang terkena musibah.

Buapti  mengucapkan bela sungkawa atas apa yang menimpa warga Pasayangan, dia  berjanji akan memberikan bantuan langsung kepada para korban, dan pihaknya akan memberikan santunan sebesar Rp2 juta kepada setiap keluarga yang rumahnya di sapu angin puting beliung.

 Untuk data kerusakan, dari sepuluh rumah yang mengalami kerusakan,  8 rumah rusak berat dan 2 rumah rusak ringan.

“Kita turut prihatin atas terjadinya musibah yang menimpa warga Pasayangan, dan pemerintah akan memberikan bantuan, untuk sementara kita berikan bantuan terpal dan apa yang di perlukan saat ini. Nantinya kita juga akan memberikan santunan sebesar dua juta rupiah kepada setiap keluarga yang rumahnya terkena musibah angin puting beliung” ujar Bupati Banjar Khalilurahman.

Di ketahui selain menimpa warga Pasayangan Barat, anging puting beliung juga menimpa Madrasah Mangun Jaya,  yang ada di Pasayangan Uara. Dan meneyebabkan atap sekolah tersebut beterbangan.(sai).