oleh

1 CJH Meninggal Dan 6 Orang Sakit Gagal Berangkat Haji

BANJARBARU, koranbanjar.net – Satu orang calon jamaah haji (CJH) dari warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) gagal berangkat haji tahun ini lantaran meninggal dunia. Kegagalan keberangkatan juga dialami enam orang CJH lainnya yang saati ini sedang sakit.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Nor Fahmi, mengatakan seharusnya tujuh orang tersebut tergabung dalam 325 CJH yang dijadwalkan berangkat hari ini.

“Makanya yang berangkat hari ini jadinya ada 318 orang saja,” ujar Fahmi kepada wartawan, usai melepas secara resmi keberangkatan CJH kloter 1 asal Kabupaten HSS dan Banjarmasin, pagi tadi (9/7/2019), di Bandara Syamsuddin Noor, siang tadi (9/7/201).

Dia menuturkan enam CJH sakit tersebut di antaranya berasal dari Kandangan dan sedang dirawat di daerah setempat.

Kendati demikian, Fahmi berharap keenamnya tetap bisa diberangkatkan tahun ini. “Semoga nanti mereka bisa dimutasi ke kloter berikutnya. Kami tidak tahu penyebab sakitnya karena mereka mengalami sakit sebelum diberangkatkan ke asrama haji,” tuturnya.

Menurutnya, para CJH Kalsel yang berangkat tahun ini berasal dari pendaftar haji sejak Agustus 2010 lalu. “Semakin tahun semakin panjang dan semakin banyak pula yang daftar. Yang semula 3.831 jadi bertambah 4155 orang. Kemarin dari tambahan 324 itu dibijaki pemerintah dengan 25 persen (CJH) lansia yang kemudian diurut dari umur paling tua. Lalu 25 persennya lagi adalah pendampingnya, dan yang 50 persen sisanya adalah urut porsi berikutnya. Itu termasuk dalam kebijakan baru,” paparnya.

Sementara untuk kepastian 1.902 CJH asal Kalteng yang akan dimasukkan dalam embarkasi Banjarmasin, ditambhakan Fahmi, akan diputuskan besok, Rabu (10/7/2019). (ykw/dny)

Komentar

Jangan Lewatkan