AdvertorialKota Banjarbaru

Waow! Ibu-ibu ini Padamkan Kebakaran di Halaman Kantor Basarnas

(Last Updated On: 11/05/2018)

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Kebakaran. Ibu ini begitu gugup saat ingin memadamkan api di wajan besar. Kobaran api pun kian membesar. Perlahan-lahan sambil membawa karung basah, ia akhirnya sukses memadamkan api itu.

Kejadian itu di halaman kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin di Jl A Yani Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, saat melakukan sosialisasi teknik pemadaman api secara tradisional guna mengantisipasi terjadinya kebakaran, Jumat (11/5) pagi. Sosialisai tersebut dilakukan secara teori dan disusul praktek.

Sosialisasi itu dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramdhan yang tinggal hitungan hari lagi. Kepala Basarnas Banjarmasin, Mujiono S E, kepada koranbanjar.net mengatakan, saat bulan Ramdhan para ibu-ibu di rumah gencar-gencarnya memasak di dapur untuk menyiapkan hidangan.

BACA JUGA  Pembangunan Sebabkan Pepohonan Ditebang, Bupati Resmikian Alat Pemanen Hujan

“Sedangkan kebakaran tidak jarang terjadi berawal dari dapur,” ujar Mujiono usai sosialisasi.

Tujuan kita adalah, lanjutnya, untuk penjegahan apabila terjadi kebakaran di tempo-tempo awal. Metode pemadaman memakai rumus segi tiga api, seperti udara, panas dan bahan bakar yang ada api.

“Yang kita pakai di sini prakteknya adalah memutuskan udara dengan menggunakan blanket. Sebenarnya masih ada alat pemadam api ringan (apar), tapi kita hanya sederhana saja dengan menggunakan karung atau handuk basah agar  udara tidak masuk ke sumber kebarakan,” ungkapnya.

Karena menurutnya apabila terjadi kebakaran di rumah, terutama para ibu sering sering menggunakan air untuk memadamkan api. “Padahal air itu fungsinya diperuntukkan hanya untuk pendinginan dan pula harus lebih banyak menggunakan airnya, kalau airnya sedikit akan percuma malah akan lebih membesar apinya,” jelasnya.

BACA JUGA  Sedang Menyantap Sarapan, Agus Dikejutkan dengan Teriakan Kebakaran

Menurutnya lagi, bahan yang paling bagus digunakan adalah karung atau handuk. “Jangan menggunakan keset,” tuturnya.

Mojiono mengatakan Materi pemadaman api ini termasuk metode pembelajaran yang baru. “Karena selama ini di Basarnas hanya fokus pada pertolongan, pencarian, penyelamatan dan evakuasi, untuk pencegahan pemadaman kebakaran belum pernah dilaksanakan,” bebernya.

Adapun peserta yang ikut dalam sosialisi ini adalah kepada ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) UP Basarnas, security, OBI dan anggota Basarnas lainnya.

“Tentunya mereka semua harus bisa, khususnya kepada para ibu-ibu di rumah,” tutupnya. (dra)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: