Kalimantan Selatan

Triliunan Rupiah Uang Daerah Bisa Dihemat dengan SAKIP

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) RI, kembali melaksanakan penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) Wilayah II Tahun 2018, di Hotel Golden Tulip Galaxy Banjarmasin, Rabu (6/2/2019).

Penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Wilayah II ini dilakukan Menpan RB, Syafruddin, kepada 11 kepala daerah tingkat provinsi serta 150 kepala daerah tingkat kabupaten/kota se-Kalimantan, Lampung, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan DKI Jakarta.

Dalam acara tersebut, Menpan RB, Syafruddin, menyebutkan, penerapan SAKIP di 11 pemprov serta di 150 pemerintah kabupaten/kota, terbukti berhasil menghemat Rp 22,3 triliun. Sedangkan secara nasional di tahun 2018, berhasil menghemat pemborosan anggaran sebesar Rp 65,1 triliun.

BACA JUGA  Dishut Berhasil Raih Predikat A untuk Hasil Evaluasi SAKIP

“Mengubah mindset seluruh pegawai tidaklah mudah, kita harus punya komitmen tinggi untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja dengan baik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Menpan RB memberikan apresiasi kepada para penerima LHE AKIP 2018 yang telah berhasil menerapkan SAKIP dalam tata kelola pemerintahannya. Apresiasi tersebut diberikan kepada pemerintah daerah yang berhasil menerapkan SAKIP dengan baik serta dapat mewujudkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP Wilayah II ini dilakukan Kemenpan RB setelah menyerahkan hasil evaluasi SAKIP untuk wilayah I, beberapa waktu lalu. (ykw/dny)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close