Kota Banjarbaru

Sekarang Antar Surat ke SKPD se-Kota Banjarbaru tak Sampai 1 Menit, Kok Bisa?

(Last Updated On: 31/03/2018)

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Tidak perlu antar surat secara manual, Pemerintah Kota Banjarbaru menerapkan sistem distribusi surat menyurat melalui email resmi SKPD @banjarbarukota.go.id sejak 27 Februari 2018, sehingga distribusi surat menyurat lebih cepat.

Mendistribusikan surat secara manual tentu akan memerlukan waktu, biaya transportasi, dan juga tenaga. Karena di Pemerintah Kota Banjarbaru ada 60 SKPD termasuk Kecamatan dan Kelurahan, belum lagi kalau ada faktor penghambat lain misalnya cuaca buruk, tentu distribusi surat sangat terganggu.

Berdasarkan Surat Edaran Walikota Banjarbaru Nomor: 100/0143/PEM/SETDAKO Tahun 2018, pendistribusian surat undangan, permintaan data, surat edaran, surat pemberitahuan dan laporan harus menggunakan email resmi, tidak perlu mengantarnya secara manual dan tidak boleh ada SKPD yang menggunakan email tidak resmi.

BACA JUGA  Belum Ada Laporan Kekeringan di Kecamatan Landasan Ulin, Kok Bisa?

Misalnya menggunakan email gmail, yahoo, dan lain-lain. Sistem ini dikoordinir oleh Diskominfo Kota Banjarbaru. Apabila terjadi gangguan maupun operator yang belum memahami tata cara penggunaan email tersebut akan dibantu secepat mungkin, sehingga sistem berjalan dengan lancar.

Selain menghemat waktu dan biaya, manfaat yang lain adalah surat yg dikirim atau diterima melalui email tersebut akan menjadi sebuah arsip digital. Kalau surat dalam bentuk fisik/kertas kemungkinan hilang maupun rusak sangat mungkin terjadi, sedangkan surat dalam bentuk digital akan tersimpan ke dalam server Pemko Banjarbaru dan apabila ingin mencari surat tersebut tinggal menggunakan fasilitas “search” surat akan langsung ditemukan.

Fasilitas email resmi @banjarbarukota.go.id ini juga membuat arsip surat lebih aman karena tersimpan ke server Pemko Banjarbaru. Beda halnya kalau menggunakan email tidak resmi misal menggunakan email gmail, email tersebut tersimpan ke server google. Sehingga kalau ada surat/file yang sangat rahasia akan aman dari pihak luar.

BACA JUGA  RTH Al Munawwarah Belum Diserahkan Secara Aset

Untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), distribusi surat melalui email ini merupakan sebuah awal, ke depan Pemerintah Kota Banjarbaru akan menerapkan Aplikasi Manajemen Surat Menyurat yaitu menggunakan aplikasi SiMaya.

“SKPD menggunakan email dulu, sekarang aplikasi SiMaya sedang diujicoba di Diskominfo Kota Banjarbaru, kalau berjalan dengan baik baru akan diterapkan ke semua SKPD, ibaratnya kalau menyuruh orang sholat kita dulu yang harus sholat,” kata Kepala Diskominfo Kota Banjarbaru, Johan Arifin, AP, MM.(*)

Penulis            : Muhammad Fajar Rizwanna, S.Kom

Lembaga        : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru

Juara II

Lomba Pelatihan Menulis yang Diselenggarakan Koran Banjar dengan dukungan Pemko Banjarbaru pada 27-28 Maret 2018.

BACA JUGA  Petugas Kembali Sidak Pembatuan, 1 PSK Berhasil Diamankan

Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: