Lifestyle

Pramuka SMAN 1 Mantewe Jalan 40 Kilometer, Kemudian Mandi di Air Terjun

(Last Updated On: 30/12/2017)

TANAH BUMBU- Pramuka SMA Negeri 1 Mantewe mengadakan kegiatan hiking dan jalan 40 km untuk mendapatkan TKK (Tanda Kecakapan Khusus) “tapak merah” bagi anggota pramuka tingkat satu bernama tamu ambalan, Rabu (27/12) lalu.

Menurut Penegak Ambalan Antasari, Mardianto, kegiatan ini sengaja dilakukan saat liburan karena kegiatan ini sangat menguras tenaga bagi adik-adik tingkat yang harus menempuh jarak kurang lebih 40 km dengan berjalan kaki.

“Kegiatan ini adalah pelaksanaan kegiatan yang telah tercantum dalam program kerja dewan ambalan masa bakti 2017 – 2018. Dewan ambalan itu sendiri merupakan anggota pramuka dalam ambalan yang masih aktif, kalau diibaratkan dalam organisasi SMA, dewan ambalan itu seperti OSIS,” ujarnya

Mardianto menambahkan, tujuan kegiatan ini dimaksudkan agar adik tingkat tertarik dengan kegiatan pramuka yang kegiatannya tidak monoton, hanya teori di dalam ruangan.

BACA JUGA  Mau Ziarah ke Makam Datuk Abulung, Nggak Pakai Tarif…

“Selain untuk menarik minat adik tingkat mengikuti kegiatan pramuka, juga kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pesona wisata air terjun Mandin Damar di km 77 Kecamatan Mantewe. Bagi dewan ambalan dan adik tingkatnya kegiatan ini diwajibkan, dewan ambalan menjadi penasehat dan pengarah jika semisal terdapat suatu permasalahan dalam kegiatan,” imbuhnya.

Total peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 32 orang. Dewan ambalan 12 orang, dewan kehormatan 3 orang, adik tingkat 12 orang, pembinan pendamping 2 orang dan tim keamanan dari aparat kepolisian 3 orang.

“Alhamdulillah kegiatan lancar dari berangkat sampai pulang, tidak ada halangan yang berarti. Kebanyakan adik-adik mengeluh capek tetapi terbayarkan dengan pesona air terjun Mandin Damar dan banyak yang tidak menyangka bisa berjalan sejauh 40 km dengan langkah kaki masing-masing,” tambahnya.

Sedangkan Pembina Pendamping dari Guru SMA Negeri 1 Mantewe, Ahmad Hanafi menambahkan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, ia berharap bisa memberikan pengalaman yang positif bagi siswa.

BACA JUGA  Destinasi Bukit Batas Jadi Berkah Warga Riam Kanan

“Harapannya bisa memberikan hal yang positif ya bagi siswa, dan lingkungan masyarakat sekitar bahwa kegiatan pramuka tidak membosankan dan memberikan banyak pelajaran baik dalam berorganisasi maupun dalam bermasyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan kegiatan ini didampingi aparat polisi, karena jarak yang jauh juga memang tugas pihak kepolisian untuk menjaga keamanan selama kegiatan, karena selama ini setiap Pramuka SMA Negeri 1 Mantewe mengadakan kegiatan, selalu ada aparat yang ikut untuk mengawal dan menjaga.

Menurut Laila, salah satu adik tingkat yang menjadi peserta kegiatan mengatakan, dia merasa mengikuti kegiatan ini.

“Memang cukup melelahkan, tetapi karena kebersamaan saat menempuh perjalanan sejauh 40 km itu, capeknya jadi nggak berasa. Saya pun mendapat mengalaman baru, yaitu belajar berenang. Saat kami sampai di tempat kami diberi kejutan dengan tes berenang, padahal saya sendiri tidak bisa berenang dan belum pernah berenang di air yang cukup dalam yaitu kurang lebih 5 meter,” terangnya

BACA JUGA  SALAH SATU SPOT MANCING YANG MENGGIURKAN, DI SINI TEMPATNYA...

Adik-adik tingkat pun begitu antusias mengikuti kegiatan ini, meskipun beberapa siswa ada yang tak mendapat izin dari orang tua, tetapi tak menyurutkan semangat anggota lain. Meskipun harus berlelah-lelah menempuh perjalanan sejauh 40 km dengan berjalan kaki, tetapi semua terbayar dengan indah dan sejuknya air terjun Mandin Damar. Sehingga sebagian hari libur semster mereka pun terisi dengan kegiatan yang positif.(ana)

Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: