Hukum & PeristiwaKalimantan Timur

Pemko Balikpapan Geram, Hari ini Teluk Tercemar Lagi

(Diterbitkan/diperbaharui: 23/07/2018)

BALIKPAPAN, KORANBANJAR.NET – Teluk Balikpapan tercemar lagi, padahal baru Jumat (20/07) lalu, Teluk Balikpapan juga tercemar oleh limbah minyak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Suryanto terlihat berang karena hal ini terjadi ulang-ulang. Suryanto berjanji akan memberikan sanksi tegas bagi pelaku.

“Kalau memang benar berulang-ulang, ya sanksinya akan sangat besar sekali kita kenakan, karena keterlaluan berkali-kali masa nggak baca media hari ini, kita disibukkan, kita membersihkan,” kata Suryanto, Senin (23/07).

Menurutnya, Pemerintah Kota Balikpapan menunggu hasil laboratorium, termasuk foto satelit yang saat ini diajukan Pertamina. Termasuk data dari KSPO terkait data kapal yang berlabuh.

“Hari ini ada lagi, ini ada dua kemungkinan ini apa yang kemarin juga apa ada baru lagi, nunggu lab, nunggu foto satelit nunggu lagi data kapal yang sedang berlabuh pada saat kejadian. Kalau Laboratorium DLH hari ini selesai, kalau laboratorium Pertamina sudah selesai, nah tinggal menunggu laboratorium KLHK. Kan Pertamina sudah ambil sampel, DLH sudah ambil, tadi KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup) sudah ambil sampel lagi, nanti dari tiga ini kita jadikan satu,” jelasnya.

BACA JUGA  Bermaksud Mancing Ikan, Eh..Malah Temukan Mayat

Suryanto menjelaskan dengan menggunakan foto satelit dapat mengetahui kapan kejadian, sumber limbah atau kapal yang membuang limbah, termasuk kapal yang berlabuh ketika kejadian dan jenis limbah misalnya minyak.

“Dulu juga waktu tumpahan minyak saya rapat di Pertamina langsung saya sarankan cari foto satelit, ternyata dapat, kelihatan sebarannya. Kalau ada foto satelit lagi keliatan nanti darimana sumber nya dan tanggal berapa,” ujarnya lagi.

Paling efektif itu foto satelit, lanjut Suryanto, apalagi yang jenis infrared karena kalau jenis infrared, minyak itu dia merah warnanya jadi kelihatan banget dari kapal mana. “Nanti keliatan tanggal berapa, kapal apa yang lagi berlabuh. Sebenarnya bisa ketemu kalau foto udaranya dapat,” pungkasnya.(sya/ana/koranbanjar.net)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp