Tanah Bumbu

Menuai Berkah Dimusim Buah

(Last Updated On: 11/01/2018)

TANAH BUMBU- Musim buah menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang musiman. Saat musim buah datang, mereka pun menuai pundi-pundi rupiah dengan menjual buah musiman, seperti durian, rambutan, mangga dan beberapa buah musiman lainnya.

Seperti Romansyah contohnya, pria asal Pagatan, Tanah Bumbu, ini sudah kurang lebih 3 tahun menjadi pedagang buah musiman. Ia menggelar lapaknya di halaman Pasar Pagatan, bersama dengan beberapa pedagang lainnya.

“Saya senang bisa jualan buah musiman, mungkin seterusnya saya akan berjualan. Walaupun harus jauh dari anak istri saya yang tinggal di Banjarbaru. Kalau buah mangga saya ambil dari pengepul di Banjarmasin, biasanya saya langsung ambil dari pelabuhan Trisakti. Kalau buah rambutan, durian dan tiwadak dari pengepul yang berasal dari beberapa daerah, salah satunya dari daerah Anjir Pasar,” terangnya.

BACA JUGA  Breaking News! Kemacetan Akibat Banjir di Angsana Masih Panjang, Sebagian Penumpang Memilih Turun

Untuk buah mangga, ia menjual dengan harga Rp10.000 per kilogramnya, sedangkan durian ia mengaku menjual dengan harga Rp50.000 perbijinya. Ia biasanya mulai berjualan pagi-pagi sekali sampai malam hari tergantung kondisi cuaca dan kondisi kesehatannya.

Romansyah biasanya mulai berjualan buah musiman saat akhir tahun hingga awal tahun. Sampai kira-kira bulan acara pesta pantai selesai di gelar, yaitu bulan april bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu.

Sedangkan pertengahan tahun ia habiskan dengan menjalani pekerjaan lain, salah satunya adalah menjadi driver ojek online.

Berjualan buah musiman memang lebih menguntungkan, buah cepat laku karena banyak orang yang memburu buah musiman ini, sehingga risiko rugi karena buah yang membusuk akibat lama tak terjual menjadi bekurang.

BACA JUGA  Hujan Deras Sebabkan Jalan Provinsi di Angsana Terendam

“Alhamdulillah, balik modal aja sih. Makanya saya senang berjualan buah musiman ini. Mungkin akan saya lakoni terus menerus pada musim-musim buah tahun-tahun berikutnya,” ujarnya dengan nada bahagia. (ana)

Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: