BanjarbaruBerita Utama

Masih Ada Warung Bertirai yang Buka, Kok Bisa?

(Last Updated On: 09/06/2018)

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Sebutan Warung Sakadup mungkin sudah tak asing di telinga masyarakat apalagi bagi masyarakat daerah perkotaan. Warung Sakadup adalah warung yang bertutup kain atau tirai karena berjualan pada siang hari bulan ramadan.

Seperti di Kota Banjarbaru, yang sudah diatur dalam Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 4 Tahun 2005  Tentang Ketentuan Khusus Kegiatan Usaha Rumah Makan Restoran, Tempat Hiburan dan Sejenisnya Serta Makan dan Minum atau Merokok di Tempat Umum Pada Bulan Ramadan.

Dan juga Peraturan Walikota Nomor 80 Tahun 2016 Tentang Pengaturan Izin Usaha Hiburan Umum, Rekreasi dan Olahraga. Untuk rumah makan, restoran, cafe, salon dan bilyard diberikan jam operasional. Yang mana warung makan baru boleh buka setelah jam 17.00 WITA sampai tiba waktu imsak.

Namun, menurut keterangan salah satu narasumber yang namanya tidak ingin dipublikasikan, ternyata ada Warung Sakadup yang buka setiap setiap tahun pada siang hari bulan ramadan dan tak pernah “terendus” oleh Satpol PP. Bahkan pelanggannya pun ada dari petugas kepolisian juga dari Satpol PP itu sendiri, meskipun ia tak tahu pasti petugas itu dari satuan mana dan betugas di wilayah mana.

BACA JUGA  Ternyata, Naskah Mozaik Banjarbaru Dibuat hanya Selama Ini..

Warung Sakadup yang lolos dari pengawasan petugas tersebut ternyata berada di sekitaran Bundaran Simpang Empat tepatnya di kawasan Kelurahan Sungai Besar. Bahkan narasumber ini pun mengakui bahwa dirinya merupakan pelanggan dari warung bertirai ini.

“Saya bukannya menjumpai lagi mba, tapi udah jadi langganan warung itu dalam dua tahun bulan puasa ini,” ujarnya.

Ia mengatakan ada dua Warung Sakadup yang buka di situ, yang satunya baru saja buka tahun ini tapi yang satunya malah sudah sejak dirinya masih duduk di bangku SMA.

“Saya udah dari SMA nongkrong di situ mba, jadi ya tahu aja. Pelanggannya aja ada dari Polisi yang bahkan pangkatnya tinggi-tinggi juga ada dari Satpol PP makanya nggak pernah ketangkap,” tuturnya.

BACA JUGA  Ini Penyebab Bripka Pajar Baru Ditemukan selama 2 Hari

Baca Juga Satpol PP Banjar Tertibkan “Warung Sakadup”, Antara Lain di Martapura

Sementara itu, Kepala Bidang Perundang-undangan Daerah Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru, M. Bahrin saat dikonfirmasi koranbanjar.net mengatakan bahwa tahun ini belum ada tangkapan Warung Sakadup.

“Alhamdulillah, belum ada tangkapan Warung Sakadup,” ucapnya.

Senada dengan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Seksi Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru, Dooni Kusworo mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan patroli keliling ke warung-warung yang tahun kemarin tertangkap tangan buka pada siang hari.

“Tapi Alhamdulillah, mereka nggak ada lagi yang buka mba. Mereka sempat bilang bahwa mereka kapok dan nggak mau lagi soalnya malah rugi kata mereka,” ujarnya kepada koranbanjar.net saat dikonfirmasi melalui telpon, Selasa (05/06).

BACA JUGA  MENGENASKAN! 2 Pengemudi “Remuk” Digilas Truk

Ditanya tentang ada Warung Sakadup yang tidak terendus oleh petugas atau bahkan ada petugas yang jadi pelanggan di situ, pihaknya mengaku kaget.

“Loh, ada toh mba. Waduh, gak sopan banget itu kalau sampai petugasnya juga ikut makan di situ. Ok, terima kasih informasinya mba, nanti akan kita tindak lanjuti,” katanya.(ana)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: