Hukum & PeristiwaNasional

Keluarga Korban Gempa Palu Minta Pemerintah Rilis Nama-Nama Korban

Kabiro Humas PMI Pusat Imbau Warga Tidur di Luar Rumah

(Last Updated On: 01/10/2018)

NASIONAL, KORANBANJAR.NET – Salah satu anggota keluarga korban gempa dan tsunami di Kota Palu, I Made Boby, yang mengaku memiliki puluhan anggota keluarga yang berada tinggal di Palu, berharap pemerintah segera merilis nama-nama korban tewas untuk masyarakat, menyusul pernyataan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menyebutkan jumlah korban tewas gempa dan tsunami telah mencapai 832 orang, 540 orang luka-luka dan lebih dari 16 ribu orang mengungsi.

“Harapan saya BNPB ataupun pemerintah bisa merilis nama-nama korban, karena mengingat 800 lebih korban telah dinyatakan tewas. Saya berharap juga keluarga saya tidak apa-apa” jelas Made saat mencari informasi ke Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (30/9), seperti dirangkum dari VOA Indoesia (afiliasi koranbanjar.net).

I Made Boby dan Annisa Firdaus Bandu saat berkunjung ke BNPB untuk mencari informasi kondisi keluarganya. (Foto: VOA Indonesia)

Tidak jauh berbeda, salah seorang pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Annisa Firdaus Bandu, yang segera menghubungi orang tuanya yang tinggal di Palu, tetapi hingga hari ini belum dapat dikontak, juga berharap demikian.

BACA JUGA  Hari ini Syarat & Informasi CPNS Diumumkan Online, ini Websitenya

“Harapannya semoga segera ditangani oleh pemerintah dengan bergerak cepat untuk membantu korban-korban gempa, khususnya untuk Kota Palu. Saya belum mengetahui kondisi mereka.,” tutur Annisa.

Annisa juga berharap pemerintah atau pihak BNPB dapat memberikan tumpangan ke Palu sehingga ia bisa mengecek langsung kondisi orang tuanya. PNS itu juga telah menitip pesan ke relawan di Bandara Halim Perdanakusuma yang akan berangkat ke Palu untuk mengecek keluarganya.

Sementara itu, Kepala Biro (Kabiro) Humas PMI Pusat, Aulia Ariani mengatakan, kurang lengkapnya data korban terdampak gempa dan tsunami menjadi tantangan tersendiri bagi lembaganya, terutama untuk mendistribusikan bantuan kepada korban yang terdampak.

“Beberapa bantuan yang kita kirimkan tadi pagi sudah berangkat dengan kapal laut dari Tanjung Priok menuju ke Makassar. Bantuan itu akan baru tiba di Makassar pada hari Selasa nanti. Nah, karena kita belum memliliki data jumlah korban yang terdampak, maka akan menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk bisa memprioritaskan bantuan ke mana saja dan ke berapa orang,” jelas Aulia dalam laporan VOA Indonesia, Minggu (30/9).

BACA JUGA  3 Bandar Togel di Banjarbaru Diringkus Aparat Kepolisian Dalam 1 Jam

Aulia menambahkan, PMI juga telah mengirim 89 orang relawan untuk membantu korban di wilayah terdampak. Mereka berasal dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Utara dan Jawa Tengah.

Para relawan yang dikirim tersebut memiliki kompetensi dalam evakuasi korban, pelayanan medis dan kesehatan, perawat, pertolongan pertama dan dapur umum.

Puluhan relawan tersebut saat ini masih fokus pada penanganan korban di Palu, kemudian baru esok hari akan mengirim tim ke Donggala untuk pemetaan kondisi di kabupaten terdampak tersebut.

Aulia mengimbau, warga yang rumahnya sudah retak karena gempa agar tinggal di luar rumah atau tinggal di tempat pengungsian demi menghindari adanya gempa susulan yang dapat merobohkan rumah mereka. (voa/dny)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: