AdvertorialKab Hulu Sungai Selatan

KABAR GEMBIRA, Pasien Haemodialisa di Wilayah Daha Disediakan Bus Gratis

DAHA SELATAN, KORANBANJAR.NET – Pemkab Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS, memberikan fasilitas bus gratis bagi warga di wilayah Daha yang ingin cuci darah (haemodialisa) ke RSUD Brigjend H Hassan Basry Kandangan.

Launching atau peluncuran bus gratis pasien haemodialisa ini dilakukan Bupati HSS, Achmad Fikry di Rumah Sakit Daha Sejahtera, Kecamatan Daha Selatan, Rabu (13/2/2019) pagi.

Peluncuran bus gratis. (foto: yat/koranbanjar.net)

Pemberian fasilitas bus gratis ini, kata Fikry, diharapkan dapat menjadi solusi mudah bagi warga Daha tidak mampu yang diharuskan rutin melakukan cuci darah di rumah sakit namun terkendala biaya dan jarak antara wilayah Daha-Kandangan yang relatif jauh, sekitar 30 kilometer.

”Mereka harus pagi sekali datang ke rumah sakit karena proses cuci darah hampir delapan jam. Selama ini mereka melakukannya dengan swadaya. Bagi yang mampu tidak apa-apa tetapi bagi yang tidak mampu yang kasian, ada yang harusnya dua kali cuci darah tapi bisanya hanya sekali saja,” katanya.

BACA JUGA  Kepedulian Terhadap MH2T, PT TIA Salurkan Bantuan Bibit

Fikry menyebutkan, berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinkes HSS bersama para camat dan pihak RS Daha Sejahtera, saat ini terdapat 20 pasien haemodialisa yang ada di wilayah Negara.

“Ternyata ada 20 orang, sedangkan bus kita daya tampungnya 10 orang. Jadi nanti kita bagi dalam empat kali seminggu, yaitu pada Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan fasilitas bus gratis ini, Fikry mengharapkan, dapat membantu meringankan meringankan beban masyarakat sekaligus memastikan masyarakat agar dapat rutin terlayani,.

“Kami akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk bidang pelayanan kesehatan agar terus lebih baik lagi ke depannya,” tutupnya. (yat/dny)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close