Lifestyle

INGAT, 31 OKTOBER BATAS AKHIR VALIDASI KARTU PRABAYAR, BILA TIDAK……

(Last Updated On: 27/10/2017)

MARTAPURA – Untuk meningkatkan perlindungan hak pelanggan jasa telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bakal memberlakukan registrasi nomor prabayar pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), yang tercantum dalam KTP dan KK, terhitung mulai 31 Oktober mendatang.

Jika pengguna ponsel tidak melakukan registrasi, maka nomor kartu SIM-nya terancam diblokir dan pengguna tidak akan bisa melakukan panggilan atau menerima telepon, SMS, bahkan berselancar di internet.

Menanggapi peraturan baru tersebut, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Banjar (Kominfo), Ir. Farid Soufian Madar kepada wartawan koranbanjar.net, menyatakan karena peraturan dari pusat, pihaknya di daerah pastinya sangat mendukung dan juga berupaya mensosialisasikan ke masyarakat, baik melalui media elektronik, cetak maupun lainnya.

BACA JUGA  Kesenian Bamanda Masih Dilestarikan Warga Walatung

“Aturan ini sangat baik untuk menjaga informasi yang tidak benar (hoax)  dan juga mencegah orang-orang yang menyalahgunakan alat komunikasi, misalnya kayak SMS gelap dan lain-lain,” tuturnya

Aturan ini berlaku untuk calon pelanggan baru maupun pelanggan lama seluler yang harus melakukan validasi data berdasarkan NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang terekam didatabase Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil)

Pelanggan yang tidak mendaftar ulang sebelum 28 Februari 2018 (batas akhir pendaftaran nomor kartu SIM dengan NIK), akan mengalami pembatasan layanan hingga pemblokiran.

“Bagi pelanggan yang tidak melakukan pendaftaran sesuai peraturan,  maka SIM Card yang mereka pakai bisa hangus atau diblokir,” ungkapnya.

Farid menjelaskan,  peraturan baru ini bisa menghemat pengeluaran,  karena tak harus gonta-ganti dan hanya cukup sati Simcard.

BACA JUGA  Frans Terima Kekalahan

Pedagang Simcard , Iwan 43 mengatakan, selama ini penghasilan isi ulang pulsa sangat minim. Di konternya ia lebih banyak menjual Simcard baru. Karena kebanyakan pembeli menggunakan Simcard sekali pakai,  ketimbang mengisi pulsa ulang.

Untuk melakukan pendaftaran, pengguna bisa mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK# dan dinyatakan berhasil apabila data yang dimasukkan telah divalidasi.

Nanit data yang telah diverifikasi oleh petugas operator telekomunikasi, kemudian akan divalidasi ke database Ditjen Dukcapil. Setelah itu, baru nomor SIM card itu diaktivasi.(sai)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: