Nasional

Habib Rizieq Dimintai Keterangan Keamanan Arab Saudi Karena Tuduhan Ini

(Last Updated On: 08/11/2018)

JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Indonesia membenarkan informasi bahwa Rizieq Shihab “dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekkah.”  Hal ini disampaikan juru bicara Kemlu Arrmanatha Natsir kepada VOA (afiliasi koranbanjar.net) Rabu (7/11/2018) pagi.

Informasi soal penahanan pemimpin ormas Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab beredar luas sejak Selasa malam (6/11/2018).

Kemlu mengatakan, setelah menerima pengaduan dari sejumlah pihak mengenai penahanan warga negara Indonesia bernama Muhammad Rizieq Shihab (MRS) oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekkah, pihaknya meminta pejabat fungsi konsuler KJRI Jeddah untuk melakukan penelusuran.

Dari hasil penelusuran dikonfirmasi bahwa, MRS sedang dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekkah, atas dasar laporan warga negara Arab Saudi yang melihat bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di depan rumah MRS di Mekkah.

BACA JUGA  2 WNI LOLOS HUKUMAN MATI

Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel secara tertulis mengatakan “MRS dijemput Kepolisian Mekkah dan Mabahis Ammah (Direktorat Investigasi, Intelijen Umum) lalu dibawa ke kantor polisi.”

Ditambahkan Agus, Arab Saudi sangat melarang keras segala bentuk jargon, label, atribut dan lambang apapun yang berbau terorisme, seperti ISIS, Al Qaeda, Al Jama’ah Al Islamiah, dan segala kegiatan yang berbau terorisme dan ekstremisme.”

“Pemantauan dalam media sosial juga dipantau oleh pihak keamanan Arab Saudi dan pelanggaran informasi teknologi merupakan pidana berat jika bersentuhan dengan aroma terorisme,” kata Agus.

Lebih jauh Kemlu mengatakan, pejabat Fungsi Kekonsuleran KJRI Jeddah telah memberikan pendampingan kekonsuleran kepada MRS sebagaimana yang diberikan kepada semua WNI yang menghadapi masalah hukum di luar negeri. Namun ditegaskan bahwa semua hukum dan aturan setempat harus dihormati.

BACA JUGA  Santri Darul Hijrah Wakili Kalsel pada Perkemahan Nasional

Rizieq Shihab diketahui menjalani pemeriksaan di kantor Mahabis ‘Aamah (intelijen umum) dan diserahkan kepada Kepolisian Sektor Mansyuriah Kota Mekkah Selasa sore, mendapat pendampingan dari staf KJRI dan dikeluarkan dari tahanan Kepolisian Mekkah dengan jaminan.

Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dalam pernyataan tertulisnya mengatakan akan selalu berkomunikasi dengan pihak terkait di Arab Saudi tentang apa yang sebenarnya dituduhkan terhadap Rizieq Shihab.(em/voaindonesia.com/sir)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: