KesehatanLifestyle

Fenomena “Ditinggal Pas Lagi Sayang-sayangnya” Menurut Psikologi

(Last Updated On: 02/10/2018)

PSIKOLOGI, KORANBANJAR.NET – Sudah menjadi hal yang lumrah saat seorang perempuan diincar dan dikejar oleh seorang laki-laki yang mempunyai rasa suka terhadapnya. Bahkan ada yang mengibaratkan kalau laki-laki menyukai perempuan, dia seakan tak punya malu tapi sebaliknya jika si laki-laki disukai oleh perempuan akan membuat malu si perempuan dan orang yang melihatnya karena tak sepantasnya seorang perempuan mengejar-ngejar seorang laki-laki.

Namun kebanyakan kasus, saat si laki-laki telah berhasil memikat hati si perempuan dengan gampang si laki-laki akan berubah sikap, seolah cuek, jarang ada kabar lalu menghilang bagaikan peminjam uang yang mengemis-ngemis saat meminjam namun menghilang saat hendak ditagih.

Kasus itu ternyata pun banyak yang membuatnya dalam sebuah video parodi, menunjukkan bahwa memang untuk menemukan kecocokan ternyata lebih sulit ketimbang menemukan orang untuk disukai.

Fenomena ini biasanya disebut anak zaman now dengan istilah “Ditinggal pas lagi sayang-sayangnya”.

Saulia Safitri, M.Psi saat ditanya oleh koranbanjar.net via obrolan whatsapp, menjelaskan fenomena percintaan yang satu ini dari segi psikologi, Senin (02/10).

“Sebagai perempuan yang awalnya mungkin ‘diincar atau dikejar’ oleh seorang laki-laki pastinya membuat kita sebagai seorang perempuan merasakan banyak hal. Bisa jadi merasa tertarik atau bahkan justru tidak tertarik (tentunya ini diakibatkan banyak faktor),” ujarnya.

BACA JUGA  Agar bisa Lulus CPNS, Para Calon Peserta Tes CPNS Lakukan ini

Terdapat perbedaan cara laki-laki dan perempuan dalam berusaha mendapatkan seorang perempuan yang awalnya menjadi pujaan hatinya. Begitupula pada cara seorang laki-laki dalam berusaha mendapatkan seorang perempuan juga berbeda dengan laki-laki lainnya.

“Nah, ini yang perlu kita pahami terlebih dahulu. Ada yang sangat berusaha menunjukkan ketertarikannya dengan sangat mengejar namun ada juga yang tampak cuek dan kurang menunjukkan ketertarikannya tersebut. Ada pula dikarenakan rasa ketertarikannya yang amat sangat itu, ia berusaha fokus pada satu perempuan yang ia tuju,” lanjutnya.

Namun, lanjutnya, juga tidak sedikit yang beranggapan selama masih single yang dalam Bahasa Indonesia artinya lajang (a.k.a jomblo) maka tidak ada salahnya melakukan usaha pendekatan ke beberapa perempuan secara bersamaan.

“Tentunya situasi dan kondisi ini bisa saja berubah-ubah, mengingat perasaan cinta bisa membuat perilaku seseorang menjadi tidak terduga atau tidak bisa ditebak. Jika kita tarik kesimpulan tahapan dalam melakukan pendekatan terhadap seseorang bisa dikatakan yang pertama adalah melihat dan berusaha untuk mendapatkan lalu yang kedua setelah melihat dan menemukan sisi lain (kecocokan dan kenyamanan). Tahapan ketiga baru akan merasakan jatuh cinta yang sesungguhnya,” jelasnya.

Nah bisa jadi, lanjutnya lagi, situasi yang biasanya populer disebut “ditinggal pas lagi sayang-sayangnya” itu adalah situasi di mana si laki-laki berada pada tahapan kedua yaitu melihat dan menemukan sisi lain. Artinya, pada tahapan ini individu yang sebelumnya sudah melakukan pendekatan dan berusaha untuk mendapatkan telah melihat dan menemukan sisi lain dari diri orang yang dikejar.

BACA JUGA  Mufiz Catering Sediakan Menu yang Unik

“Ia (laki-laki) akan melihat dan menilai dari semua sisi baik itu pola pikir, karakter, sifat dan hal-hal lainnya yang mungkin bisa jadi itulah yang diharapkan ada pada diri perempuan yang ia kejar. Tentu tidak salah jika pada tahapan ini kita melihat dan memberi penilaian terhadap sosok yang dikejar, mengingat penting sekali adanya kecocokan, kenyamanan dan kesamaan visi dan misi suatu hubungan,” ucapnya.

Lalu bagaimana dengan kita (perempuan) sebagai sosok yang dikejar yang mungkin awalnya biasa saja jadi juga menaruh harap dan perasaan terhadap laki-laki tersebut? Apa kah kita salah? Apa enaknya dikejar diawal lalu ditinggalkan kemudian?

“Tentu bukanlah pengalaman yang menyenangkan jika hal itu terjadi. Berdasarkan Teori Hierarki Kebutuhan Maslow, cinta merupakan salah satu kebutuhan dasar individu. Sehingga tentu tidak salah perasaan tersebut mengingat itu adalah salah satu kebutuhan dasar kita. Akan tetapi, penting sekali untuk tidak terburu-buru dalam memberi penilaian dan menjatuhkan perasaan pada seseorang yang baru saja dekat atau dikenali,” tegasnya.

BACA JUGA  TERNYATA, RUMAH BANJAR MENYIMPAN KULAPAI BERUMUR 2 ABAD

Seperti yang dikemukan tokoh psikologi yaitu Erich Fromm bahwa cinta itu adalah seni yang membutuhkan pengetahuan serta latihan. Fokus utamanya pada pengetahuan dan latihan. Artinya sebelum kita jatuh cinta kita perlu mengetahui dengan baik bagaimana individu yang sedang dekat dengan kita dan juga perlu pendalaman terkait melatih diri dalam mampu memberi dan menerima keseluruhan yang ada pada diri calon kita.

“Untuk itu, kita perlu perhatikan juga apakah yang kita rasakan itu hanya ‘ketertarikan di awal’ atau memang benar-benar sudah masuk dalam kategori ‘cinta’ karena tentu itu beda banget kaitannya dan jatuhnya pada seberapa jauh komitmennya nanti,” sarannya.

Saulia juga berpesan untuk membedakan perasaan ketertarikan di awal atau sudah masuk dalam kategori cinta ini harus diuji dan ditempa baik waktu, jarak dan masalah-masalah lainnya.

“Tidak bisa dengan sekali tatap dan sekali kenal langsung ada komitmen karena kita ‘kan juga berhak untuk mendapatkan yang terbaik hehe,” tutupnya sembari tersenyum.(ana)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: