BanjarmasinBerita Utama
Trending

Dinilai telah Menghina Guru Sekumpul, Habib Hanafi Cetuskan Petisi

(Diterbitkan/diperbaharui: 15/07/2018)

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Akibat dinilai telah melakukan penghinaan dalam tausiahnya pada sebuah video yang beredar di media sosial terhadap almarhum tokoh ulama Kalsel, KH Zaini Ghani, atau yang lebih dikenal dengan gelar Guru Sekumpul, Ustadz Subhan Bawazier diajak tabayun oleh Habib Hanafi Bahasyim dalam tempo 3 x 24 jam.

Namun, setelah ditunggu dalam tempo 3 x 24 jam, Ustadz Subhan Bawazier tak juga memberikan tanggapan terkait ajakan tabayun oleh Habib Hanafi.

Menyikapi hal itu, maka Habib Hanafi memanggil Ustadz Subhan untuk dapat berhadir dalam acara ramah tamah dan silaturahmi antar ulama, umaro dan jamaah serta muhibbin ahlussunah wal jamaah (Aswaja) yang digelar di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Kamis (12/7).

BACA JUGA  Kalsel sangat Siap Menjadi Tuan Rumah PON 2024, Ini Pernyataan “Paman Birin”

“Salam hormat, salam cinta dan salam santun dari saya untuk saudara kita seiman dan sebangsa, yaitu saudara Subhan Bawazier. Dalam sentuhan kasih sayang dan cinta, saya berharap saudara Subhan Bawazier bisa berhadir di sini,” tutur penanggung jawab acara, Habib Hanafi Bahasyim, dalam kata sambutannya.

Akan tetapi, hingga acara berakhir, Ustadz Subhan Bawazier yang ditunggu-tunggu kedatangannya tidak juga hadir. Hal ini membuat Habib Hanafi Bahasyim menempuh langkah petisi dengan pembubuhan tanda tangan para jamaah ke selembar kain sepanjang 15 meter sebagai bentuk pernyataan sikap keberatan atas perkataan dari Ustadz Subhan Bawazier yang mereka nilai telah menghina Guru Sekumpul.

“Kami sudah memberikan waktu 3 x 24 jam kepada saudara Subhan Bawazier untuk melakukan tabayun, tetapi karena yang bersangkutan sampai detik ini tidak datang, maka kami terpaksa menempuh langkah petisi,” kata Habib Hanafi.

BACA JUGA  Izin Operasional Telah Berakhir, untuk Sementara Karaoke Bintang Diminta Tutup!

Pada acara tersebut, Habib Hanafi menyerukan kepada umat muslim, agar menjaga perdamaian sesama umat muslim dan tidak mudah terpancing atas cacian dan hinaan apapun yang dilakukan dari pihak manapun terhadap ulama, termasuk fitnahan yang datang dari Ustadz Subhan Bawazier.

Dalam wawancaranya kepada koranbanjar.net, Habib Hanafi menjelaskan, tujuan acara ini dilaksanakan demi menjaga agar di kemudian hari tidak lagi terjadi penghinaan terhadap ulama. “Ini tidak hanya berlaku pada salah satu ulama saja, tetapi, jika fitnah ini terulang kembali terhadap ulama yang sama, atau terjadi pada ulama yang lain, khususnya dari kalangan Aswaja, maka petisi ini berfungsi untuk memperkuat kapasitas jamaah,” ujarnya.

BACA JUGA  1 Pria Menikahi 2 Istri Sekaligus, Apakah Boleh…?

Ditambahkannya, petisi ini dapat menjadi porsi seseorang untuk menindak kepada pihak yan berwenang bagi siapa pun setiap individu yang merasa cinta terhadap ulama ahlussunah wal jamaah.

Meski demikian, ia tetap tidak menginginkan hal ini sampai terbawa ke ranah hukum. Karena, menurut Habib Hanafi, setiap muslim dengan muslim lainnya adalah bersaudara walaupun berbeda akidah.

Acara ini dihadiri ribuan jamaah yang tak hanya datang dari berbagai daerah di Kalimantan saja, namun juga turut dihadiri oleh para jamaah yang datang dari luar Kalimantan seperti dari Pulau Jawa dan Sumatera. (leo/dny)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp