Banjar

Dinas PUPR Upayakan Bangun Siring agar Jalan Martapura Lama tidak Ambruk lagi

(Diterbitkan/diperbaharui: 25/06/2018)

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjar telah meninjau lokasi ambruknya Jalan Martapura Lama di wilayah Desa Telok Selong RT 1, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Senin (25/6).

Ambruknya jalan sedalam 40 cm tersebut diduga akibat adanya rongga yang berada di bawah jalan.

Sebelumnya pada hari Jumat (22/6), Kepala Desa Telok Selong, Lukmanul Hakim mengatakan, warga setempat sudah berulang kali memperbaikinya dengan cara menguruk tanah dan batu di jalan tersebut dengan dana swadaya masyarakat, namun hasil upaya tersebut tak bertahan lama, jalan kembali ambruk.

“Sudah sering jalan ini ambruk dan diperbaiki, tetapi ambruk kembali. Biasanya masyarakat menguruknya dengan batu dan tanah dengan dana swadaya. Diperkirakan ada rongga dibawah jalan itu,” katanya.

BACA JUGA  Antusias Pemilih Pilkades Masih Rendah

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Banjar, M Solhan, menuturkan kepada koranbanjar.net, lokasi jalan tersebut berada dipinggiran sungai, sehingga mengalami abrasi yang menyebabkan jalan menjadi ambruk.

Oleh karena itu, menurut Solhan, sungai yang berada di dekat jalan tersebut harus dibangun siring penyangga.

“Kalau jalan saja yang diperbaiki maka suatu saat akan ambruk kembali, jadi bagusnya dibangunkan siring dipinggiran sungainya agar tanahnya tidak lagi terguras,” jelas Solhan.

Solhan menerangkan, karena jalan tersebut termasuk jalan kewenangan pihak Pemprov Kalsel, maka Dinas PUPR Kabupaten Banjar telah mengajukan permohonan ke Dinas PUPR Provinsi Kalsel.

Menanggapi pengajuan permohonan itu, diceritakan Solhan, pihak Pemprov Kalsel telah meninjau lokasi jalan tersebut pada Rabu (20/6) kemarin.

BACA JUGA  Disperindag Banjar Janji Tekan Kenaikan Harga Bahan Pokok di Bulan Ramadhan

“Kita upayakan untuk mengajukan permohonan ke Dinas PUPR Provinsi Kalsel, dan mereka juga telah meninjau lokasi jalan tersebut,” terangnya. (sai/dny)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp