Politik

Dikawal Ketat, 766.174 Surat Suara Tiba di Gudang Logistik KPU Banjar

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Sebanyak 1.534 boks berisi 766.174 surat suara tiba di gudang logistik tambahan KPU Kabupaten Banjar yang berada di Jalan Jeruk, Kelurahan Sungai Ulin, Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, Kamis (28/2/2019) siang.

Pengalawan ketat dari kepolisian Polres Banjar dan Polda Kalsel dikerahkan sejak pengiriman dari pelabuhan hingga sampai ke gudang logistik. Sesampainya di gudang logistik, truk kontainer yang tersegel dibuka dan disaksikan oleh pihak KPU Banjar, Bawaslu Banjar, kepolisian serta sejumlah awak media.

Ketua KPU Banjar Muhaimin mengatakan, kedatangan surat suara ini merupakan tahap pertama. “Untuk tahap kedua belum bisa memastikan kapan akan datang. Tapi kata pihak ekspedisi tadi diharapkan akan datang dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

BACA JUGA  Apakah Perang Tagar Perlu Diberi "Pagar"?

Tahap pertama ini meliputi 422.840 surat suara DPR RI Dapil 1 Kalimantan Selatan, 87.939 surat suara DPRD Kabupaten Banjar Dapil I, 81.759 surat suara DPRD Kabupaten Banjar Dapil II, 72.418 surat suara DPRD Kabupaten Banjar Dapil III, serta 101.218 surat suara DPRD Kabupaten Banjar Dapil IV.

Dikawal Ketat, 766.174 Surat Suara Tiba di Gudang Logistik KPU Banjar
Pemindahan logistik surat suara dari truk kontainer ke gudang logistik KPU Banjar, di Jalan Jeruk, Sungai Ulin, Banjarbaru. (foto:hendra/koranbanjar.net)

“Di tahap kedua meliputi surat suara DPD, presiden dan wakil presiden dan DPRD Banjar Dapil lima,” jelas Muhaimin

Sebelumnya direncanakan logistik surat suara ini datang pada Rabu (27/2/2019) kemarin. ”Keterlambatan tersebut diakibatkan faktor dokumen ekspedisi yang baru terselesaikan kemarin, sehingga kita menjadwalkan hari ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, perjalanan logistik dari pelabuhan hingga sampai ke gudang logistik berjalan dengan aman dan lancar.

BACA JUGA  DPD Partai Berkarya Banjarbaru Siapkan 21 Caleg

Di tempat yang sama, Kordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Banjar Hairul Fallah mengatakan, logistik dari pelabuhan dipastikan bersegel hingga sampai di gudang logistik di Jalan Jeruk Banjarbaru.

“Kita semua sudah menyaksikan bahwa kontrainer serta boks surat suara masih tersegel, artinya aman,” ucapnya.
Ia menambahkan selama pelipatan surat suara, Bawaslu Banjar akan melakukan pengawasan sesuai prosedur.
“Salah satu prosedur pengawasan yang kita lakukan adalah mengawasi petugas yang melipat surat suara itu memenuhi standar, tidak terlibat dari partai politik atau kepengurusan partai politik. Dalam pelipatan itu juga kita juga mencek apakah ada yang rusak pada surat suara dan hal-hal yang lain,” pungkasnya.
KPU Banjar setidaknya akan mengerahkan petugas pelipatan surat suara sebanyak 222 orang. Pelipatan sendiri akan dilakukan Sabtu mendatang, dan diperkirakan selesai selama kurang lebih 10 hari. (dra)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close