Opini

Deklarasi Kepala Daerah Versus Deklarasi Warga

(Last Updated On: 10/10/2018)

Oleh Pimred KoranBanjar.net, Denny Setiawan

SEPEKAN terakhir, warganet dikejutkan dengan “aksi” yang dilakukan 12 kepala daerah beserta sejumlah elit politik Banua. Tanpa malu-malu para kepala daerah memproklamirkan diri mereka sebagai para pendukung salah satu pasangan Capres dan Cawapres.

Berbagai statemen, status, komentar bertebaran di dunia maya, mengkritisi keterlibatan para kepala daerah yang secara terang-terangan menunjukkan keberpihakan pada salah satu pasangan Capres-Cawapres.

Salah satu komentar warganet yang cukup viral “Tidak apa-apa para kepala daerah bikin deklarasi, toh yang milih rakyat.”

Apa yang dilakukan para kepala daerah itu, sudah tentu menciderai pesta demokrasi yang selama ini digaung-gaungkan harus jujur, adil,.damai dan netral. Memang tidak salah jika para elit politik mendeklarasikan diri dengan posisi sebagai tokoh partai.

BACA JUGA  Boyke ; Kalimati Bukan Tanggung Jawab DLH

Tapi sadarkah mereka, (mungkin) ketika menghadiri acara itu mereka sudah menggunakan fasilitas negara. Baik itu jabatan sebagai Gubernur, Bupati atau Wakil Walikota, maupun mobil dinas berplat merah. Mereka adalah panutan yang harus dicontoh, lantas bagaimana kalau mereka yang justru melanggar aturan. Ironisnya, dilakukan terang-terangan.

Pembelajaran pesta demokrasi di negeri ini sungguh amat sangat lucu. Tatkala.para ASN dibatasi dengan berbagai aturan agar bersikap netral dalam menghadapi Pemilu 2019, panutan mereka malah mempertontonkan ketidaknetralan.

Lebih-lebih jika para kepala daerah lebih mencermati kapasitas pasangan Capres dan Cawapres yang mereka dukung. Capres bukan lagi presiden, yang notabene tidak memiliki keterkaitan secara hirarki dengan pejabat daerah, baik Gubernur, Bupati atau Wakil Walikota.

BACA JUGA  Sopir Truk yang Akibatkan 2 Wanita Tewas, Kini sudah Diamankan

Tidak heran jika selama ini sebagian warga banua juga mendeklarasikan diri mereka sebagai pendukung Capres dan Cawapres lainnya dengan menggunakan berbagai nama komunitas. Pastinya, para kepala daerah telah “menyakiti” sebagian rakyatnya. Anda mendeklarasikan diri “menjagokan” salah satu pasangan Capres dan Cawapres bukan jaminan untuk membahagiakan hati rakyat, tapi sebagai kepala daerah, Anda sudah jelas menyakiti pemilih Anda selama ini. Karena keberadaan Anda di acara itu bukan semata-mata sebagai tokoh politik, melainkan KEPALA DAERAH, yang sudah pasti milik semua rakyat, bukan golongan.(*)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: