Lifestyle

Café dengan Menu Rp10 Ribu…, Ke Omnivora Saja

(Last Updated On: 03/12/2017)

BANJARBARU – Salah satu spot nongkrong yang masih eksis sampai sekarang di kalangan anak muda adalah Omnivora Cafe. Cafe yang satu ini dulu bertempat di Jl Panglima Batur Timur seberang SMPN 2 Banjarbaru, sekarang bergeser agak ke Timur sedikit, yaitu di seberang Syihab Ponsel atau lebih tepatnya di sebelah toko Rumah Warna, No 45 ruko nomor 4.

Cafe ini baru dibuka di Banjarbaru sekitar September 2016 silam, cafe ini merupakan cabang dari cafe yang ada di Banjarmasin.

Manager Café, Aya (28) menjelaskan bahwa usaha ini didirikan keluarganya sendiri, berawal dari suka makan di luar dan suka masak serta memang turun temurun memiliki usaha di bidang kuliner, maka mereka mendirikan usaha yang semuanya berkonsep kuliner.

Harus berpindah tempat, dari ruko yang asalnya luas lalu harus pindah ke tempat yang lebih sempit, memberikan pengaruh juga bagi omset. Aya mengaku, mereka seperti membuka tempat yang baru lagi dan membangun dari awal.

“Berpengaruh banget ya ke omset, karena berpindah ke tempat yang baru itu kayak memulai lagi semuanya dari awal. Dan emang sempat mengalami penurunan omset, karena pindah ke tempat yang baru, maka pelanggan pada bertanya-tanya, pindah kemana, gitu? Makanya kemarin kami sempat mengadakan turnamen Mobile Legend juga untuk memberitahukan bahwa kami sudah pindah ke tempat yang baru,” jelasnya.

BACA JUGA  Tampil di Opening Konser Sabyan Gambus, Personil Kam@rruk Merasa Terhormat

Omnivora mengusung brand “murah”, menurut keterangan Aya saat ditemui wartawan koranbanjar.net, tidak apa-apa untungnya sedikit asalkan pembelinya banyak,

“Kita punya Jargon Rp10.000 PASTI. Nah, jadi kita punya pilihan menu makan dan minum dengan harga Rp10.000, karena harganya yang murah dan juga rasanya yang enak itulah yang menarik minat anak muda untuk kumpul dan nongkrong di tempat kita,” ujarnya.

Memang cafe ini membandrol harga makanan dan minumannya dengan harga yang cukup murah, bahkan terbilang jauh lebih murah dibanding cafe lain. Dengan membayar makanan dan minuman mulai harga Rp4.000 hingga Rp24.000, kita sudah bisa memanjakan lidah dan menikmati suasana cafe serta berkumpul bersama teman-teman.

Pengunjung cafe ini terdiri dari semua kalangan. Meskipun didominasi orang anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dan para mahasiswa tapi banyak pula orang-orang dewasa dan para orang tua yang membawa anak-anaknya untuk makan disini. Terkadang ada orang tua yang menyelenggarakan acara ulang tahun untuk anaknya di tempat ini, jikalau harus menyediakan space atau tempat untuk banyak undangan, mereka biasanya berkoordinasi dengan Aya terlebih dulu.

Selain itu, disini sering diadakan acara nonton bareng suatu pertandingan klub sepakbola atau motogp. Dan acara bedah buku juga pernah diadakan disini. Beberapa stand up komedian pernah singgah ditempat ini, Aya mengaku ini menjadi salah satu trik promosi yang cukup jitu lantaran para penggemar stand up comedian tersebut sudah pasti akan menyerbu cafe ini untuk bertemu dengan idolanya, dan bagi yang belum mengetahui cafe ini otomatis akan diberitahukan oleh si idola melalui postingannya di sosial media.

BACA JUGA  Ngantuk, Mobil MAN Paser Tabrak ke Show Room

Selain ingin menyediakan tempat nongkrong yang nyaman dengan harga yang terjangkau, Aya mengatakan Omnivora punya visi tersendiri.

“Pengen jadi pelopor pertama cafenya urang banua yang sukses, ya walaupun kita belum punya cabang di daerah lain, setidaknya kita menguasai pasar di tempat kita sendiri (Banjarmasin dan Banjarbaru). Tapi, ke depan kami berencana mau buka franchise juga, kali aja orang di daerah pada minat mau buka di tempatnya sendiri, semoga saja ya mba,” jelasnya.

Ditanya tentang asal usul nama Omnivora, Aya menjawab awalnya sempat bingung pengen milih nama yang pas dan beda dari yang lain, lalu munculah ide memberi nama cafe mereka dengan sebutan Omnivora,

“Sebenernya sempat bingung masalah nama, dadakan sih (membuat) namanya. Daripada kita bingung ‘kan, kenapa nggak ambil nama Omnivora aja, karena dengan nama Omnivora ya kita bisa jual segalanya juga ‘kan. Berbagai macam makanan dan minuman dan yang menikmatinya pun bukan cuma satu kalangan misalkan vegetarian tapi semua kalangan, jadi ya Omnivora lah, pemakan segala,” terangnya.

BACA JUGA  Tiap Tahun, Peminat Kerajinan Fukaha Terus Menurun

Bicara tentang mengelola cafe, dari segi karyawan Aya menjaga kualitas dengan mentrainee mereka dengan pelatihan sesuai kompetensi yang harus dia jalankan dicafe ini. Meskipun setelah berpindah tempat ada beberapa orang karyawannya yang mengundurkan diri, tapi dengan orang yang tersisa tetap cukup untuk menghandle semua pekerjaan. Serta, Aya mengaku dalam sebulan sekali dia memberikan reward untuk para karyawan teladan.

Sedangkan untuk menjaga mutu makanan dan minuman, Aya menyuplai sendiri semua bahan makanan dan minuman. Dia mengaku menangani sendiri demi menjamin kualitas makanan dan minuman yang disajikan,

“Kami setiap bulan mengadakan perombakan menu, jadi yang mana menu yang udah nggak laku, kami cut (hilangkan). Lalu, kita ganti dengan menu baru, termasuk menu-menu yang lagi rame. Contoh sekarang yang lagi rame adalah banana nugget, gitu,” ujarnya.

Anda ingin nongkrong atau ngumpul-ngumpul bareng temen ? Atau ingin makan dan minum dengan suasana cafe dengan harga terjangkau ? ke Omnivora aja. (ana/ezp)

Tags
Dijual Tanah Kavling Bersertifikat
Jl. Trikora RT.018 RW.003 Guntung Manggis Kec. Landsan Ulin (Persisi pinggir jalan). Hubungi 082352023445 - Ibu Nunuk Hernanik

Hijau Tour & Travel
Melayani penjualan tiket. Registrasi Agen Travel. Melayani Tour Wisata Religi dll. CP: 0822-97461-558/ 0813-48409-194

Raja Tour & Travel Juanda Surabaya
Melayani antar jemput. Tersedia unit Mobilio, Alpard, Bis 30-60 seat. Melayani paket Tour Special Service VIP & Tour ke Bali, Bromo, Malang, Wali 9 dll. CP: 0852-31899-191 / 0815-56987-036

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Close
WhatsApp chat Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: