AdvertorialPemprov Kalsel

Ajak Jangan Golput, Paman Birin: Pemilih Pemula ikut Tentukan Nasib Bangsa

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengajak pemilih pemula menggunakan hak konstitusinya, yakni ikut memilih pada pemilu legilatif dan presiden, 17 April mendatang.

“Karena dengan keikutsertaan tersebut, pemilih pemula sudah ikut dalam menentukan nasib bangsa ke depan,” ujar gubernur saat pembukaan Sosialisasi kepada Pemilih Pemula yang digagas Badan Kesbangpol Kalsel di Gedung Mahligai Pancasila, Kamis (14/3/2019).

Menurut Paman Birin -sapaan akrab Gubernur Kalsel- pemilih pemula di Kalsel cukup banyak. Dengan menggunakan hak suara, maka akan menambah angka partisipasi pemilih.

Mengutip data KPU Kalsel, gubernur menjelaskan, ada total 120.459 pemilih baru yang berusia 17 tahun pada pemilu 2019 dan akan miliki kesempatan memilih pertamanya dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

BACA JUGA  Pertama Kali Dikunjungi Gubernur Kalsel, Warga Keladan Baru Himung Banar

Kategori pemilih pemula ini paling banyak didapati di Kabupaten Banjar, yakni 31.512 jiwa, disusul Hulu Sungai Tengah 16.037 jiwa, lalu Kabupaten Tapin, 12.485 jiwa.

Kendati demikian, Paman Birin meminta pemilih pemula untuk menggunakan teknologi dalam menggali informasi peserta pemilu.
Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, Adi Santoso menjelaskan, sosialisasi melibatkan 500 pelajar di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih pemula.

“Sosialisasi ini secara tidak langsung memberikan pendidikan politik, utamanya kepada pemilih pemula,” tandasnya. (banuapost/dra)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close