Kalimantan Timur

5 Rumah Pangan Lestari Dapat Bantuan Rp250 Juta

BALIKPAPAN, KORANBANJAR.NET  – Tahun ini lima kelompok untuk mengembangkan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Program KRPL yakni pengembangan kawasan pekarangan sebagai rumah pangan.

Konsepnya memanfaatkan lahan pekarangan keluarga baik di pedesaan maupun perkotaan untuk mendukung ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan pangan lokal.

Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Balikpapan, Yosmianto mengatakan kelompok warga ini menanam secara mandiri dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Selain itu diharapkan mampu mengembangkan ekonomi produktif masyarakat.

“Berbagai macam tanaman pangan yang ditanam kelompok pangan seperti cabai, terong, sawi, seledri, pepaya dan pengembangan budidaya ternak maupun ikan,” jelasnya, Senin (9/7/2018).

BACA JUGA  Angkasa Pura I Alokasikan Dana CSR Rp5 Miliar

“Di Balikpapan yang sudah jalan terdapat 11 kelompok dengan anggota 30 orang. Sehingga masing-masing kelompok ada terdapat 30 orang. Cara tanamnya dengan menggunakan polybag atau pot,” sambungnya.

Lanjutnya program ini sudah berjalan dan tahun ini terdapat 5 kelompok yang dapat bantuan melalui APBN.

Menurutnya, bantuan diberikan dengan nilai Rp50 juta untuk per kelompok yang digunakan untuk pengembangan rumah pangan.

“Bantuan itu bisa digunakan untuk membeli bibit dan lainnya untuk operasional. Jelasnya yang dapat bantuan tentu sudah beroperasi lebih dulu,” ujar pria yang akrab disapa Yos.

Yos menyebutkan setiap tahun ada bantuan untuk program tersebut dengan kelompok yang berbeda, dan pemantauan terhadap kelompok rumah pangan lestari terus dilakukan.

BACA JUGA  Pertamina Kalimantan Siapkan 2.070 KL Avtur untuk Sukseskan Haji 2018

“Kalau untuk bantuan paling tidak sudah operasional. Ya ada kelompok, ada lokasi juga mendapatkan bantuan,”tukasnya.(sya/sir)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close